Jumat, 24 Mei 2013

Dari Sinetron Misteri Gunung Merapi

Walah-Walah, Apa kabar semua? Nggak usah kalian jawab juga gue udah tau, semoga kalian sehat-sehat saja...

Dengan perut yang masih melakukan agresinya(re, maag) dan lagi-lagi si Deadline sudah mengejar dari tadi, gue sempatin nulis di blog deh. Yappp!!! mumpung ada Best Article di grup BE. Ya karena gue member baru bulan ini, nggak ada salahnya kan ikutan :D. Nah, kali ini temanya cerita di balik nama blog, tahu sendiri nama blog gue apa kan, yuppp Catatan SIBASER, entah nama itu punya filosofi apa??? -_-

Nggak usah panjang lebar, karena gue juga mau siap-siap berangkat ke sekolah, sementara di ketikan kata yang sekian ini di jam lepi gue sudah menunjukkan pukul 5.36 WIB, initinya sebentar lagi gue harus mandi!!! makanya langsung saja yuuuk cuuus...

#flashback
Dahulu, zamannya gue masih SD, loe semua juga pasti tau kan sinetron di IND*SIAR(kalau nggak salah) yang berjudul Misteri Gunung Merapi. Pasti tau dong, kalau masih meraba-raba ingatan, gue bantu deh, itu tuh yang ada tokoh MAK LAMPIR, nah pasti sudah ingat kan. Nah dari situ nama blog ini tercipta!!!


#kembalikemasasekarang
Nah, sudah ingat kan. Yaaa!!! di sinetron tersebut ada tokoh yang namanya SEMBARA kan, ya pasti dong, kalau ada tokoh antagonis(re, MAK LAMPIR) juga harus ada tokoh protagonisnya, nah ini dia Sembara yang menjadi tokoh protagonis, tapi bukan masalah Sembaranya, Si Sembara itu kan sakti ya, punya ilmu bela diri, dan dia itu punya sahabat setia yang bernama BASIR yang gendut itu lho, dan yang nggak punya kekuatan bela diri, namun hingga suatu saat  Basir meninggal karena Mak Lampir, yang menjadikan Sembara sedih. Nah, tokoh Basir itu yang akan di bicarakan sekarang ini, Kok bisa??? Apa hubungannya. 
Tokoh Basir dkk dalam sinetron Misteri Gunung Merapi
Dulu, waktu gue masih kecil(entah seberapa kecil) gue itu di bilang agak gendut(*sekarang nggak kok :D), nah dan waktu itu juga sinetron yang gue bahas tadi baru tenar-tenarnya di Indonesia, termasuk di kampung gue, dan juga waktu itu pula gue bersama kelurga serta tetangga gue sering banget nonton sinetron itu, entah karena muka gue yang mirip dengan tokoh Basir atau badan gue yang agak gendut, tatangga gue banyak yang iseng dengan gue  manggil dengan julukan BASIR (Entah bacanya basir/baser), julukan itu ditujukan ke gue dalam pergalulan sehari-hari dan menjadi kebiasaan. Akhirnya gitu deh gue punya nama palsu baru yaitu Basir.
Ini muka gue waktu kecil (tapi ini kekecilan -_-)
Nah, lalu kenapa nama blognya Catatan SIBASER bukan Catatan SIBASIR. Bener juga sih, kalau ditanya soal itu, sebenarnya itu karena kebiasaan teman-teman gue yang mungkin nggak tau kalau nama yang diucapkan BASER itu penulisannya BASIR, bukan BASER. Karena kesalahpahaman yang wajar itu, jadi deh penulisannnya sengaja gue pake 'E' biar bisa dipanggil dengan 2 ucapan BASER pakai E(kalau di aksara jawa pakai 'taling') dan ucapan BASER pakai E'(kalau di aksara jawa pakai 'pepet'). Bukan cuma itu alasannya, ada lagi yaitu biar tidak sama penulisan kata baser/basir itu dengan yang ada di sinetron dulu.

Dari situlah, dari keisengan yang menjadi kebiasaan dan sudah menjadi dari bagian nama gue sendiri(menurut gue), dan gue jadikan nama di blog gue, bukan cuma blog, twitter gue juga user namenya  @SiBaser dan nama pena gue juga gue ambil dari filosofi keisengan Baser itu yaitu Ade Baser, Ade berasal dari nama gue sendiri, dan nama panggilan formal gue di kampung halaman gue, karena kalau di sekolah dan kost nama gue menjadi Restu, bukan Ade. Karena gue ingin tetap ingat dengan kampung halaman gue, nama Ade itu gue jadikan nama Pena deh, dan Baser itu nama kerennya.

Intinya nama Baser itu punya sejarah yang nggak cuma sebutan saja, tapi punya sejarah yang cukup panjang. Dan dari keseharian itu gue menciptakan blog personal ini dengan nama Catatan SIBASER dengan tagline Catatan Absurd Sejenis Pelajar. Yang punya arti blog ini blog tentang gue, tentang keseharian gue sebagai pelajar absurd, pelajar galau,  pelajaran gila, pelajar aneh, sebagai anak kost kelaparan, dan semua tentang gue, bisa dibilang ini diary digital gue!

Home  page blog ini sebelumnya
Nah itu tampilan home page Catatan SIBASER sebelumnya, di SS tersebut tertera tagline Sebuah Rangkaian Cerita Diary, itu bukti dari digital diary yang gue buat dulu. Dan sekarang berubah tampilannya menjadi seperti sekarang.


Home page blog gue sekarang
Itu lah kenapa gue menamai blog ini dengan Catatan SIBASER. Sekian kawan-kawan. Bye :*

36 komentar :

  1. astaga itu film legenda bener ya. dulu waktu gue SD bokap sama nyokap pasti nonton yang beginian nih, selain misteri gunung berapi, ada jaka tingkir sama jakatarub, hahahaha aduh... sekarang sudah tidak seperti dulu yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dulu emang menyenangkan. kumpul-kumpul bareng keluarga nonton sinetron. Tapi sekarang sinetron sudah berubah semua -_-'

      Hapus
  2. eh bujukk... tertnyata nama blog lo terinspirasi dari tokoh di film mak lampir -______-'' kren'' dah...

    lah kok jdi restu jauh amat namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iye bang...:)


      nah, Restu itu nama aseli gue bang...kalau baser kan sebutan nama keren :)

      Hapus
    2. iye'' keren dah, dalam versi lo. sbnernya beser tuh bkannya ponykit prut?

      Hapus
  3. oh, baru tahu nih.... ada juga ya sinetron yg meninspirasi. perasaan selalu bawa negativ mulu. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, sinetron dulu sama sekarang kan beda bro :)

      Hapus
  4. keren !!! asal mula nama blog loe !!!
    dari film yang jadul,,tapi entah kenapa otak gue sulit di raba neh ke masa lalu,,,udh lupa bgt gue,,,,
    mungkin perlu di raba neh sama es batu biar mencair dan bisa di liat....
    film tahun berapa'an tuch ??
    kok gue ga tau ya !!!
    asal jangan di jaman perang dunia II aj tuch film di puter pasti ga tau dech gue.

    absurd namanya,,,basir = baser....
    gue juga,,,nama gue Rusipahadi panggilan gue ASEP (*promo),,,aneh kan,,,dimana letak nama ASEP n kaitannya dengan nama asli gue.
    mungkin karena gue ganteng kali ya ??? jadi gue di panggil ASEP yang asal mulanya KASEP (bahasa Sunda) artinya Ganteng.#gayang duyu loncat2 di kamar !!!!!!
    haahahahahahahahahahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwk, udah lama banget tuh sinetron, gue aja lupa-lupa ingat tahun berapa itu, mungkin 2000an. search aja di gugel pasti tau :D

      walah, ada yang menghayal nih :D

      Hapus
  5. Sumpah, gue gak heran temen2 lo ngasih lo julukan basir..Itu muka lo emang bener2 mirip sama tokoh aslinya...Huahahah

    BalasHapus
  6. wuiihh ternyata namanya dari film mak lampir tohh.. hahaha it film memang lama banget dulu ak jg sering nnton tapi yang pemainnya yang masih ak ingat smpai sekarang hanya si mak lampirnya it hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya lama banget tuh emang...

      wkwkw, emang yang terkenal mak lampir :)

      Hapus
  7. waaaah, gue masih inget banget dulu gue sukak banget liat ini. hahaha, dan habis itu kan terus Angling Dharma yang naik burung gagak itu..wakakakaka, jadi kangen masa dulu. tapi emang mukamu waktu kecil unyuk kayak basir sih. Good luck ya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, iya. Angling Dharma kan punya naga juga kan ya??? :D

      wkwkw, wah masak sih ya...

      Good luck too mbak :)

      Hapus
  8. oalaahhh dari situ toh asalnya, terus sampai sekarang kamu masih di panggil basir juga gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahah. iya, kalau dirumah kadang masih sering mbak :)

      Hapus
  9. hahaha emang kamu segendut itu yaa waktu kecil? :D
    tapi makasih looh udah bikin aku nostalgia dengan film mak lampir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, nngak juga sih :D

      iya sama-sama mbak :)

      Hapus
  10. itu sinetron tahun kapan yak :|
    saking sukanya film itu sampai di abadikan jadi nama blog ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga lupa -_-

      heheh, betul tuh :D

      Hapus
  11. tua banget film itu..
    ane juga masih kecil...

    pas film ini, kamu umur berapa bang?
    ini kayaknya film tua banget soalnya...

    intinya :P ???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. intinya inget umur..wkkwkwkwkwwk peace bang

      Hapus
    2. wkwkw, njir :p.. aku nggak setua itu bang :D

      Hapus
  12. Ternyata nonton sinetron banyak manfaatnya, bisa jadi inpirasi untuk menamai sesuatu.

    Semoga Lo menang ye, biar dapet pulsa 10 rebu

    BalasHapus
  13. Baru tahu asal usul nama blogmu. Lucu dan kreatif. Yang penting isi dan tulisannya keren. Udah gitu aja.:))

    Semoga sinetron Misteri Gunung Merapi tayang lagi. *salah fokus:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha, makasih mbak :)

      hehe, wah boleh tuh...

      Hapus
  14. wah asiknya kalo punya nama kecil yg masih melekat sampe sekarang :)))

    BalasHapus
  15. Wah. pantesan berasa familiar sama itu nama... *doyan nonton juga* haha

    BalasHapus
  16. Kirain apa tuh Baser, ternyata Basir...

    BalasHapus

© Catatan SIBASER 2013 | Template Oleh Enny Law | Diberdayakan Oleh Blogger